Butuh bantuan cepat, hubungi Kami di 08887876008

Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan dan Betina

Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan dan Betina tips ternak Kita kali ini mengenai Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan dan Betina. Semoga konte
Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan
Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan dan betina

Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan dan Betina

Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan - Kembali lagi di pusat informasi ilmu peternakan. Masih seputar ternak kambing. Kemarin Kita sudah menguraikan tips ternak tentang cara meningkatkan nafsu makan pada kambing. Yang dengan cara tersebut, Kita mampu menaikan selera makan kambing, untuk hasil produksi ternak yang lebih baik lagi.

Nah! adapun pada sesi tips ternak kali ini, yang ingin Kita bahas adalah aspek reproduksi pada kambing atau domba. Lebih tepatnya Kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan birahi kambing jantan atau betina, agar menghasilkan keturunan anak. Namun sebelum masuk ke pembahasan utama Kita, Kami ingin mengingatkan para pembaca, bila Kalian mendapatkan informasi bermanfaat dari situs ini, mohon bagikan artikel ini ke sosial media Kalian. Bantu media ilmu peternakan ini menjadi lebih besar lagi.

Sekilas Tentang Birahi Kambing

Birahi kambing/domba  adalah keadaan dimana kambing/domba untuk menghasilkan individu baru, atau anakan baru dengan tanda-tanda ingin mau kawin kembali. Beternak kambing/domba adalah salah usaha yang banyak dilakukan oleh peternak Indonesia, karena dinilai sangat menguntungkan.

Namun, yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara menghasilkan anakan dalam tempo waktu yang singkat, dengan cara mempercepat kambing/domba birahi. Nah! berikut di bawah ini beberapa hal yang harus Kalian ketahui, dari cara meningkatkan birahi kambing/domba, dengan lebih efisien, tepat dan benar.

Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan dan Betina

Ada beberapa tips ampuh dan populer yang biasa diterapkan dalam meningkatkan birahi kambing. Berikut diantaranya:

  1. Melakukan flushing untuk meningkatkan birahi kambing/domba. Bagi yang belum tahu apa itu flushing, flushing adalah perbaikan kondisi ternak melalui pemberian pakan dengan kualitas gizi yang tinggi pada waktu yang tertentu.
  2. Penyuntikan hormon, hormon yang digunakan misalnya Prostaglandin F2 alpa merk Reprodin dari bayer atau Lutalyse, Dinoprost tromethamine 100 ml Pharmacia & Upjohn Company Kalamzoo, Ml 49001, USA.
  3. Bisa juga memberikan hormon estrogen yang dapat mudah diserap di organ reproduksi betina, misalnya Estrogen berasal daro Oestradiol Benzoate (OB).
  4. Mencampurkan ternak betina dengan pejantan, dikandang tertentu sehingga akan meningkatkan birahi secara perlahan.
  5. Setelah mempercepat birahi, anda bisa juga menyerentakan birahi semua kambing/domba dengan cara menggunakan senyawa kimia yang memiliki sifat seperti progesteron, misalnya Prostagen (Progesteron sintetik) yang ditanamkan dalam vagina selama 12-14 hari.

Faktor Penyebab Kambing/Domba Tidak Birahi

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kambing kehilangan birahinya. Nah! berikut di bawah ini beberapa faktor atau penyebab kambing mengalami penurunan birahi dan harus Kalian waspadai.

  • Faktor Lingkungan
  • Suhu Lingkungan
  • Genetik
  • Umur ternak

Dari penjelasan di atas ada banyak sekali informasi bermanfaat yang bisa Kita ambil terkait reproduksi kambing. Khususnya dalam hal meningkatkan birahi kambing atau domba. 

Mungkin demikian saja pembahasan tips ternak Kita kali ini mengenai Cara Meningkatkan Birahi Kambing Jantan dan Betina. Semoga konten ini menjadi solusi atas permasalahan ternakmu. Dan jangan lupa, bila Kalian rasa konten ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke sosial media Kalian. Bantu kami menyebarkan informasi dunia peternakan untuk kehidupan hewan lebih baik lagi.

Lainnya: Cara Meningkatkan Nafsu Makan Kambing