Butuh bantuan cepat, hubungi Kami di 08887876008

Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci

Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci sampaikan seputar ilmu peternakan, khususnya mengenai Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci. Kami
Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci
Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci

Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci – Welcome back para juragan dan peternak di Indonesia. Kembali lagi di kanal informasi ilmu peternakan. Media online yang fokus membahas seputar dunia hewan ternak. Pada pembahasan sebelumnya Kita sudah menyelam lebih dalam dan mengenal tentang apa itu penyakit gumboro, gejala, dan cara mengatasinya. Dan masih tentang penyakit ternak. Kali ini Kita akan membahas tentang penyakit scabies pada kelinci. Sehingga Kita dapat mengantisipasi atau pun mengobati kondisi kelinci Kita yang mungkin saja terkena scabies.

Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci

Namun sebelum masuk ke Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci, Kita perlu mengenal apa itu scabies. Sehingga Kita bukan hanya mampu mengantisipasi secara praktek, namun Kita juga menguasai edukasi tentang scabies, untuk bisa Kita edukasi ke sesama teman peternak lainnya.

Apa itu Scabies?

Penyakit scabies atau dikenal dengan gudik, kudis atau kurap adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh kutu ­Sarcoptes scabiei yang akan menimbulkan gatal-gatal pada bagian seluruh tubuh ternak kelinci, terutamnya bagian kepala, kaki, area mata, dan sebagainya.

Kutu ini juga disebut dengan Scabesiosis Scabesiosis  yang memiliki bentuk bulat, berkaki empat, berukuran 0,24 – 0,6 mm. Penularan biasanya disebabkan alat yang digunakan, lingkungan terkontaminasi, pakan atau minum sisa tidak dibuang dan kurangnya menjaga kebersihan kandang.

Gejala Klinis Penyakit Scabies Kelinci

Setelah mengenal apa itu scabies, berikutnya Kita perlu mengenal atau mengetahui apa saja gejala penyakit ini. Nah! berikut di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri yang menunjukkan kelinci terkena penyakit scabies.

  • Gatal disela-sela kaki kelinci
  • Gatal pada organ reproduksi.
  • Iritasi pada kulit pada bagian permukaan.
  • Kulit akan berubah warna kemerahan, dan bulu akan rontok
  • Bila akut kelinci akan mengosokan diri kekandan/dinding sekitarnya
  • Dan menyebabkan kematian mendadak.

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci

Ada beberapa langkah antisipasi yang bisa Kita ambil, untuk mengatasi atau mengobati scabies pada kelinci. Berikut caranya.

  1. Mengisolasi kelinci yang terserang scabies dikandang tertentu, kemudian mencukur bagian yang terserang, membersihkannya dan mengolesnya dengan menggunakan obat salep kudis, misalnya Caviam, Scabicid Cream, Salep Belerang. Dilakukan 2 hari sekali.
  2. Memandikan dengan sabun sulfur/belerang yang bersifat antiseptik dan antiparasit.
  3. Menaburkan bedak pada bagian area yang terkena scabies, misalnya bedak doris, atau bedak salicyl atau bedak yang mengadnung salicylicum.
  4. Penyuntikan dengan obat anti scabies, misalnya Avimec, Bivermectin, Wormectin, Ivermectin, atau lainnya dengan dosis dan takaran yang ditentukan.
  5. Penggunaan obat salep kulit anti scabies, misalnya pepatek, Daktarin, Canesten, Scavicidi Cream dan lain-lain.
  6. Bisa juga diolesin dengan campuran alkohol dan minyak tanah, dan kelinci dibebaskan selama 4 jam.
  7. Selain itu, bisa juga diolesi dengan minyak cap tawon, dilakukan sepekan 2 kali atau 3 kali.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas terdapat beberapa hal penting yang bisa Kita ambil, khususnya mengenai penyakit scabies pada kelinci.

1. Penyakit scabies disebabkan oleh kutu ­Sarcoptes scabiei.

2. Penting menjaga kebersihan kandang, agar kutu tidak bersarang di kandang ternak atau hewan kesayangan Kita.

3. Campuran sulfur bisa digunakan untuk membunuh parasit, salah satunya kutu ­Sarcoptes scabiei.

4. Campuran minyak tanah dan alkohol dapat Kita manfaatkan untuk mengobati scabies pada kelinci.

5. Kutu ­Sarcoptes scabiei dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat menyiksa.

Mungkin demikian saja informasi yang dapat Kami sampaikan seputar ilmu peternakan, khususnya mengenai Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci. Kami harap informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca, sehingga menjadi solusi atas permasalahan dunia ternak. Seperti biasa, jangan lupa bagikan artikel ini ke sosial media Kalian, agar semakin banyak yang terbantu dan menyelesaikan permasalahan ternaknya.

Lainnya: Cara Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam