Butuh bantuan cepat, hubungi Kami di 08887876008

Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird

Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird Kita kali ini mengenai Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird. Bila Kalian rasa konten Ka
Cara Mengobati Penyakit Mata Pada Lovebird
Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird

Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird

Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird – Masalah yang datang dari hewan ternak tentu tidak akan ada ujungnya. Semua kembali bagaimana Kita mampu merawat dan menanganinya sebaik mungkin. Semakin baik penanganan Kita, maka akan semakin kecil kemungkinan hewan peliharaan Kita mengalami sakit. Masih berkutat dengan penyakit ternak. Setelah sebelumnya Kita membahas mengenai cara mengobati scabies pada kelinci, kali ini Kita akan memaparkan topik terkait penyakit mata (Snot) pada lovebird.

Penyakit Snot Pada Lovebird

Pengertian penyakit snot atau dikenal dengan sebutan Coryza  ini disebabkan oleh bakteri Haemophillus gallinarum termasuk dalam bakteri gram negatif dan non metil, berbentuk batang pendek dan berukuran 1-3 x 0,4-0,8 um. Penyakit  ini menginfeksi pada spesies burung.

Penularan penyakit snot dapat juga melalui  kontak langsung dengan cara melalui udara, debu, pakan, air minum, petugas dan peralatan yang digunakan. Gejala umum yang ditimbulkan penyakit snot pada burung lovebird adalah sebagai berikut:

Gejala Umum Penyakit Snot Burung Lovebird

  • Keluarnya cairan air mata.
  • Keluar lendir di bagian hidung berwarna kekuningan dan berbau khas.
  • Pembengkakan di daerah sinus infraorbatalis
  • Pertumbuhan lambat dan nafsu makan menurun
  • Pada area mata dan hidung terdapat kerak yang melekat.
  • Pernafasan burung tidak stabil dan suara akan berbeda daripada biasanya
  • Angka kematian mencapai 50% bila tidak segera ditanggani

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Snot Burung Lovebird

  1. Rendamlah kain bersih didalam air hangat
  2. Kemudian, bersihkan bagian mata yang terkena snot tersebut secara perlahan-lahan menggunakan kain tersebut.
  3. Lalu siapkan beberapa lembar daun sirih dan rebus hingga mendidih. Gunakan air rebusan tersebut untuk membersihkan kembali mata yang terkena snot, dengan menggunakan kain bersih yang tadi.
  4. Tujuan pemberian daun sirih, dikarenakan daun sirih mengandung antibiotik cukup tinggi sehingga membantu membunuh bakteri yang menyebabkan snot pada burung lovebird tersebut.

Hal tersebut dilakukan 1 minggu 3 atau 4 kali, pada pagi dan sore hari agar dapat sembuh secara total.

Tambahan:

Jika hal tersebut sudah dilakukan, namun belum ada reaksi ataupun tidak sembuh. Bisa memberikan obat tetes bio snot, karena sudah terbukti dapat membantu mengatasi snot pada burung.

Mungkin pembahasan ini sangat singkat, namun Kami harap dapat membantu dan menjadi solusi kesehatan pada lovebird Kalian. Demikian saja pembahasan Kita kali ini mengenai Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird. Bila Kalian rasa konten Kami bermanfaat, mohon bantu bagikan ke sosial media Kalian. Semakin banyak bantuan share Kalian, maka akan semakin bermanfaat pula apa yang Kami sampaikan.

Lainnya: Cara Mengobati Penyakit Scabies Pada Kelinci