Butuh bantuan cepat, hubungi Kami di 08887876008

Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami dan Kimiawi

Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami dan Kimiawi pembahasan Kita kali ini mengenai Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami dan Kimiawi. S
Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami
Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami dan Kimiawi

Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami dan Kimiawi

Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami – Masih di pusat informasi ilmu peternakan. Pada pembahasan penyakit ternak sebelumnya, Kita sudah sudah menjelaskan bagaimana cara mengobati penyakit mata snot pada lovebird. Yang mana dengan informasi tersebut Kita dapat melakukan tindakan antisipatif agar penyakit mata snot pada lovebird tidak semakin parah.

Nah! adapun pada sesi penyakit ternak kali ini, Kita akan membahas tentang cara mengobati kambing cacingan secara alami dan kimiawi. Informasi ini tentu sangat penting, khususnya bagi Kalian para peternak yang membudidayakan kambing. Apalagi kambing tergolong hewan dengan nilai harga yang cukup tinggi, maka sangat disayangkan bila penanganan terhadap jenis ternak ini dilakukan setengah-setengah. Oleh sebab itu, semoga artikel ini dapat membantu Kalian dalam menangani kambing yang cacingan.

Sekilas Tentang Cacingan

Penyakit cacingan memang terdengar sangat menyepelekan, namun tanpa disadari cacingan memiliki dampak yang sangat besar bagi hewan ternak. Penyakit cacingan pada hewan ternak, bahkan bisa menyebabkan produksi daging menurun. Dan lebih daripada itu, cacingan juga dapat mengakibatkan kematian dalam beberapa kasus.

Penyebab Cacingan Pada Kambing

Penyebab penyakit cacingan umumnya disebabkan oleh cacing gilig (Haemonchus contortus), cacing pita (Taena)  dan cacing pipih (Platyhelminthes).  Biasanya cacing tersebut melakukan penularan melalui pakan, minum, terkontaminasi telur cacing dan juga penularan melalui induk ke anaknya.

Ciri-Ciri Kambing Cacingan

Diantara Kita tentu tidak ada yang ingin, bila kambing miliknya mengalami cacingan. Namun, tentu tidak ada salahnya bila Kita mempunyai sederet wawasan dalam mengenali kambing yang kemungkinan terjangkiti penyakit cacingan. Nah! berikut di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri atau tanda pada kambing, yang kemungkinan mengalami penyakit cacingan. Jadi, bila ciri-ciri berikut terdapat pada kambing peliharaan Kalian, segera lakukan analisa lebih mendalam. Pastikan agar kambing Kita mendapatkan perawatan yang tanggap.

  • Kambing akan mengalami anemia (kekurangan darah), misalnya mata berair, hidung berair, mulur berair dan kambing tampak pucat atau kusam.
  • Bobot badan kambing menurun, diakibatkan nafsu makan berkurang.
  • Gerakan kambing tidak agresif (lincah), dan tampak lesu.
  • Kambing akan selalu menundukan bagian kepalanya.
  • Bulu kambing kusam, dan mengalami kerontokan.
  • Perut tampak besar, namun bila diketuk akan kosong seperti masuk angin.
  • Kambing akan kesulitan membuang kotoran, dan akan mengalami pula mencret/diare secara terus menerus.
  • Kambing terkena penyakit cacingan akan memiliki tubuh lemah, dan selalu berbaring dilantai kandang.

Cara Mencegah Penyakit Cacingan Pada Kambing

Salah satu wawasan penting yang perlu diketahui oleh seorang peternak kambing adalah bagaimana caranya mencegah, agar kambing tidak terjangkiti penyakit cacingan. Nah! berikut di bawah ini adalah daftar tindakan antisipatif yang dapat Kalian lakukan, untuk memperkecil peluang penyakit cacingan pada kambing kesayangan Kalian.

  • Memisahkan ternak terserang penyakit cacingan di kandang tertentu.
  • Membersihkan kandang dengan optimal, baik membersihkan tempat pakan, tempat minum maupun peralatan yang digunakan untuk kambing.
  • Menyemprot insektisida, bakterisi dan fungisida berbahan aktif secara berskala bertujuan untuk menghindari penyebaran penyakit lain.
  • Membuat tempat atau lubang khusus pembuangan kotoran kambing yang tidak berdekatan dengan kandang kambing.
  • Kandang kambing sebaiknya menggunakan model panggung, untuk menghindari kelembaban, kebanjiran dan penyebaran penyakit.
  • Melakukan vaksinasi dan pemberian obat cacing secara berskala untuk menghindari penyakit yang akan menyerang kambing.

Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami

Untuk cara pengobatan alami, ada 3 jenis metode pengobatan yang bisa Kita aplikasikan pada kambing, untuk meredakan atau mengobati kambing yang cacingan. Dengan harapan, salah satu dari 3 metode ini dapat meningkatkan kesehatan kambing Kita kembali. 

a. Cara Buah Pinang

Cara yang pertama adalah dengan memanfaatkan buah pinang. Berikut cara membuatnya.

Cara membuatnya:

  1. Buah pinang dihaluskan hingga halus, dan menjadi tepung.
  2. Kemudian, diayak dan dijemur hingga mengering.
  3. Setelah itu, berikan pada ternak kambing berumur 3-4 bulan ke atas sebanyak 5 gr dan 10 gr untuk kambing dewasa.
  4. Pemberian bisa diaplikasikan, dengan air minum.

b. Cara Daun Kelor

Cara berikutnya adalah menggunakan bahan dasar daun kelor. Daun ini bisa Kalian temukan di pasaran.

Cara membuatnya:

  1. Gunakan 3-4 helai daun kelor yang sudah tua, kemudian di bakar hingga menjadi abu.
  2. Abu tersebut di tampung di wadah.
  3. Untuk bisa diaplikasikan ke ternak yang terserang penyakit cacingan tersebut,
  4. Campurkan abu daun kelor dengan air minum kambing.

c. Cara Daun Nenas

Kalau Kalian ragu dengan daun kelor, Kalian juga bisa memanfaatkan daun nenas untuk mengobati Kambing cacingan secara alami.

Cara membuatnya:

  1. Ambil 2-3 daun nenas, kemudian jemur hingga kering.
  2. Kemudian giling atau blender daun tersebut hingga halus.
  3. Aplikasikan dengan dosis 300 mg/ 1kg bobot kambing. Jika kambing beratnya 15kg, berarti butuh 4.500mg ramuan daun nenas yang sudah dihaluskan.
  4. Campurkan ke dalam air minum.
  5. Jangan berikan pada kambing yang bunting.

Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Kimiawi

Jika Kita berbicara metode kimiawi, tentu maksudnya adalah menggunakan obat-obatan. Nah! ada beberapa obat kimia yang bisa Kalian gunakan untuk mengobati kambing yang cacingan, seperti: obat cacing komplit, verma-O, kalbazen-C, wormzol- B, albendazole, febendazole, oxfandazole dan masih banyak lagi. Namun ingat! pemberian obat ini harus menggunakan dosis yang tepat dan telah ditentukan. Jangan sampai kambing kesayangan Kita justru semakin parah, karena dosis yang tidak tepat.

Tentunya informasi ini masih jauh dari kata sempurna, maka dari itu Kami sangat menghargai bila para pembaca memberikan tambahan informasi atau masukan melalui kolom komentar. Sampai sini saja pembahasan Kita kali ini mengenai Cara Mengobati Kambing Cacingan Secara Alami dan Kimiawi. Semoga dengan informasi ini dapat menjadi solusi atas permasalahan ternak yang sedang kalian hadapi. Dan seperti biasa, bila Kalian mendapatkan manfaat dari konten ini, jangan sungkan membagikan ke sosial media. Bantu orang lain menemukan manfaat seperti manfaat yang Kamu temukan dari Kami. Terima kasih!

Lainnya: Cara Membuat Pakan Lele dari Ampas Tahu