Butuh bantuan cepat, hubungi Kami di 08887876008

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam informasi Kita kali ini tentang Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam. Seperti
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam – Halo para pembaca! Kembali di kanal informasi ilmu peternakan. Pada pembahasan sebelumnya Kita sudah menguraikan dan menjelaskan tentang salah satu pengetahuan terkait dunia pakan ternak. Lebih tepatnya kemarin Kita sudah membahas cara membuat pakan alternatif ayam broiler. Nah! adapun pada kesempatan kali ini Kita akan fokus pada pembahasan seputar penyakit ternak. Seperti apa pembahasannya kali ini? Cek selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Apa itu Kolera?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam. Mari Kita kenali dasar dari penyakit kolera. Penyakit kolera adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri  Pasteurela gallnarum atau Pasteurella multocida yang menyerang ayam pada umur 12 minggu. Penyakit ini umumnya menyerang pada ayam pelelur dan ayam pedaging (broiler).

Penularan penyakit ini bisa melalui pernafasan, pencernaan dan bahkan melalui kontak langsung pada ayam sakit dapat juga melalui udara, pakan, minum yang diberikan, peralatan kandang, petugas peternakan, dan lingkungan yang terkontaminasi.

Gejala Klinis dan Ciri-ciri Ayam Terserang Penyakit Kolera

Untuk lebih baik dalam mengantisipasi penyakit kolera pada ayam, maka tentu Kita harus mengenal gejala klinis dan ciri-ciri ayam yang terserang atau terindikasi kolera. Nah! Berikut ini ada beberapa gejala klinis dan ciri-ciri ayam terinfeksi penyakit kolera, yang dapat Kita kenali sebagai berikut:

  • Pernafasan ayam terlihat sesak, dan bahkan mengorok
  • Kotoran berwarna hijau, kuning ataupun coklat dan berlendir (mencret)
  • Kepala ayam suka menggelengkan kepala
  • Bagian sayap menggantung, bengkak dan bahkan mengakibatkan kelumpuhan
  • Nafsu makan menurun
  • Lesu, lemah dan bahkan mengalami kematian mendadak.

Gejala Subklinis dan Ciri-ciri Ayam Terserang Penyakit Kolera

Ada beberapa gejala subklinis dan ciri-ciri ayam terinfeksi penyakit kolera, umumnya adalah sebagai berikut:

  • Inflamasi pada 1/3 pada bagian atas usus kecil
  • Pembesaran dan pembengkakan pada limpa
  • Terdapat material berbentuk cream atau solid pada persendian
  • Pendarahan pintpont pada membran mukosa dan serosa atau pada lemak abdominal

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera/Snot pada Ayam

Bagi Kalian yang belum mengetahui apa itu penyakit snot, secara sederhana snot adalah penyakit menular yang umum ditemui pada spesies unggas. Terlebih khusus pada hewan seperti ayam. Penyakit snot ini disebabkan oleh Haemophilus paragallinarum (Hpg), bakteri gram negatif, tidak bergerak, bersifat mikroaerofilik dan memerlukan nicotinamide adenine dinucleotide (NAD) untuk pertumbuhannya. Biasanya dalam dunia ayam, snot ini selalu dikaitkan dengan kolera. Entah kolera itu masih satu jenis yang sama dengan penyakit snot, atau pun tidak. namun keduanya memiliki indikasi yang tidak jauh berbeda. Nah! bagaimana cara mengendalikannya agar tidak bertambah parah? Berikut langkah mengatasi kolera ayam ataupun snot pada ayam.

Langkah Antisipasi

  • Menjaga kebersihan kandang, tempat pakan, minum dan peralatan kandang dengan teratur.
  • Melakukan sanitasi perkandangan dan lingkungan, serta menyemprotkan insektisida dan baktersida berbahan aktif.
  • Mengusahakan sinar matahari masuk langsung kekandang, upaya menghindari kelembaban berlebihan pada kandang
  • Penggunaan anakan yang sudah terseleksi, unggul dan sudah divaksinasi
  • Mengisolasi ayam sakit dengan cepat atau melakukan pemusnahan ayam agar tidak menular pada ayam lainnya.

Pengobatan:

  • Bisa dengan diberikan obat antibiotik atau prepat sulfat seperti Ampisol, Inequill, Sq Plus, Tetrasulfa B plex, Corydon, Ceamium 99 atau Embacox.
  • Bisa juga mencampurkan larutan Cocicdiostat pada air minum ayam, 3 hari sekali.
  • Bisa juga menggunakan injeksi dari larutan obat Terramcyn
Sekedar informasi: Obat kolera pada ayam maupun snot sudah banyak tersedia di marketplace online. Kalian tinggal pilih sesuai budget maupun merek terbaik kepercayaan kalian.

Dari penjelasan di atas Kita dapat mengambil banyak sekali pelajaran berharga tentang bagaimana mengatasi penyakit ternak, khususnya seputar kolera ayam ataupun snot. Oke! mungkin demikian saja pembahasan atau informasi Kita kali ini tentang Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Kolera Pada Ayam. Seperti biasa, bila Kalian rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke sosial media Kalian yah. Ohiya! Kami sangat menyadari bahwa informasi ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, Kami sangat terbuka menerima masukan, bila mungkin terdapat kekeliruan dalam menyampaikan informasi. Silahkan sampaikan melalui kolom komentar ataupun halaman kontak Kami yah.

Lainnya: Ciri ciri Kelinci Sakit dan Cara Mengobatinya