Butuh bantuan cepat, hubungi Kami di 08887876008

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam yang dapat Kami informasikan tentang Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam
Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam  – Kembali lagi di kanal informasi ilmu peternakan. Masih berkaitan dengan pembahasan sebelumnya mengenai penyakit ternak. Pada kesempatan yang singkat ini Kita akan sedikit mengulas tentang penyakit gumboro pada ayam. Mungkin bagi yang awam dalam dunia peternakan unggas, penyakit ini masih terbilang asing di telinga. Namun bagi mereka yang sudah lama melintang atau terjun di dunia unggas, pasti sudah tidak asing lagi. Nah! seperti apa pembahasannya? Simak di bawah ini yah.

Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam

Sebelum Kita membahas lebih lanjut ke inti topik kali ini, alangkah baiknya jika Kita mengenal secara sederhana tentang apa itu penyakit gumboro pada ayam. Selain menambah wawasan Kita mengenai penyakit gumboro, ilmu ini juga bisa Kita gunakan untuk mengedukasi teman Kita lainnya yang mungkin ternaknya terkena penyakit gumboro ini. Oke! berikut penjelasan mengenai apa itu gumboro, gejalan, dan cara mengatasinya.

Apa itu Gumboro?

Sederhanya, Gumboro (Infectious Bursa Disease) adalah salah satu penyakit yang menyerang pada berbagai macam unggas, misalnya itik/bebek, ayam broiler, ayam petelur, burung dan sebagainya. Penyakit ini menyerang pada bagian kelenjar bulat (Bursa fabricii) yang terletak di atas kloaka.

Penyakit ini juga disebut dengan penyakit AIDSnya ayam.  Penyakit ini disebabkan oleh virus dari genus Avibirnavirus yang dapat bertahan hidup selama 3-4 bulan atau lebih. Penyebaran penyakit ini melalui makanan, minuman, kotoran sendiri, alat peternakan, lingkungan tercemar dan orang yang terkena virus gumboro tersebut.

Umumnya penyakit gumboro ini menyerang ayam yang masih berusia muda berkisar 9-60 hari, yang dapat menimbulkan beberapa gejala klinis dan subklinis. Nah! perlu para pembaca ketahui, beberapa ciri umum penyakit gumboro pada ayam ini bisa Kita kenali sebagai berikut:

Gejala dan Ciri-ciri Ayam Terkena Penyakit Gumboro

  • Ayam tampak kusam, lesuh dan lemah.
  • Konsumsi makan dan minum menurun, sehingga mengakibatkan mata terpejam, bulu kusut dan tidak aktif.
  • Ayam dalam keadaan kondisi panas/demam, sehingga terkadang mengakibatkan kejang pada kedua kaki, kepala dan sayap.
  • Feses/kotoran ayam berwarna putih bening, lengket dan encer.
  • Kematian pada fase gejala klinis mencapai 2% – 5% setelah 3 hari terlihat gejala.
  • Kematian fase subklinis bisa mengakibatkan kematian yang cukup tinggi hampir 80% – 90%.

Cara Mengatasi/mencegah dan Mengobati Penyakit Gumboro Ayam

Ada beberapa cara mencegah dan mengobati penyakit gumboro pada ayam, adalah sebagai berikut:

Pencegahan:

  • Melakukan sanitasi lingkungan dan menjaga kebersihkan kandang dengan teratur.
  • Lakukan penyemprotan peralatan dan kandang secara berskala dengan mengunakan larutan desinfektan.
  • Menggunakan bibit anakan tahan tehadap penyakit atau sudah disuntikan vaksin gumboro pada umur 5-9 hari.
  • Pemberian pakan berkualitas, mengandung banyak vitamin komplek dan memberikan obat anti stress.
  • Menyesuaikan suhu kandang dengan baik, agar ayam dapat mudah menyesuaikan diri.
  • Melakukan manajemen pemeliharaan dengan tepat.

Pengobatan:

  • Berikan obat vitaminelektrolit, glukosa (gula aren diencerkan sebanyak 2%).
  • Bisa juga memberikan obat antiviotic ringan, misalnya Ampicillin, Doxiciclin, Neomicin.
  • Bila ayam masih berumur kurang dari 25 hari, sebaiknya dilakukan pemanasan atau brooding “namun harus perlu diperhatikan bahwa ventilasi harus lancar karena ayam membutuhkan banyak oksigen”.

Dari penjelasan informasi di atas banyak sekali pelajaran penting yang bisa Kita ambil, khususnya yang berhubungan dengan penyakit gumboro pada ayam. Salah satunya, penyakit ini cukup berbahaya dan mengancam nyawa ayam Kita bila tidak ditangani dengan serius. Mungkin demikian saja yang dapat Kami informasikan tentang Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Gumboro Pada Ayam. Bila Kalian rasa konten yang Kami sampaikan bermanfaat dan memberikan solusi, mohon dukung Kami dengan membagikan artikel ini ke sosial media Kalian atau grup seputar dunia peternakan. Dan bila terdapat informasi yang keliru, mohon sampaikan kepada Kami. Baik itu melalui kolom komentar ataupun halaman kontak yang telah Kami sediakan.

Lainnya: Cara Mengobati Kolera Pada Ayam