Butuh bantuan cepat, hubungi Kami di 08887876008

Kenapa Burung Lovebird Tidak Mau Kawin? Begini Cara Mengatasinya!

Kenapa Burung Lovebird Tidak Mau Kawin? Begini Cara Mengatasinya! Semoga pembahasan tentang Kenapa Burung Lovebird Tidak Mau Kawin dan Cara Mengatasin
kenapa burung lovebird tidak mau kawin
Kenapa burung lovebird tidak mau kawin

Kenapa Burung Lovebird Tidak Mau Kawin – Kembali lagi di kanal informasi ilmu peternakan. Bagi pecinta burung mania, pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati dan digemari oleh berbagai macam kalangan masyarakat, yaitu burung lovebird. Burung lovebird dikenal memiliki keindahan yang sangat menarik, perpaduan warna yang indah dan estetik, serta memiliki kicauan yang menarik/merdu sehingga banyak disukai oleh banyak masyarakat.

Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual burung ini pun sangat tinggi dan meningkat, seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga wajar, bila para peternak burung berlomba-lomba membudidayakan burung lovebird agar meraup banyak keuntungan. Namun hal yang banyak terjadi, dalam proses budidaya/beternak burung lovebird, Kita sering mengalami kegagalan untuk mengawinkan keduanya (jantan dan betina). Alasannya cukup simpel, tidak sedikit burung lovebird yang enggan atau tidak mau kawin. Sehingga hal tersebut menghambat proses ternak lovebird Kita.

Kenapa Burung Lovebird Tidak Mau Kawin?

Ada beberapa faktor penyebab kenapa burung lovebird tidak mau kawin. Berikut di bawah ini penyebabnya:

  • Keturunan/gen, bisa menyebabkan keturunan yang dihasilkan tidak mau kawin, meskipun dilakukan pemaksaan dalam perkawinan
  • Lingkungan/suhu, juga akan menghambat perkawinan bahkan burung juga akan tidak mau kawin dengan semestinya
  • Keabnoramilitasan pada burung juga dapat menyebabkan burung tidak mau kawin, baik pada anggota tubuh maupun organ reproduksi
  • Dalam keadaan terserang penyakit juga dapat menyebabkan burung tidak mau kawin, baik penyakit eksternal maupun internal
  • Pemeliharaan kurang tepat, juga dapat menyebabkan burung tidak mau kawin. Pemeliharaan kurang tepat meliputi pakan atau air yang diberikan kurang memiliki kandungan gizi yang cukup memenuhi kebutuhan tubuh dan tidak dilakukan pemvaksinan atau perkandangan yang kurang baik serta perawatan kurang tepat.

Cara Mengatasi Burung Lovebird yang Tidak Mau Kawin

Ada beberapa langkah atau tindakan yang dapat Kita ambil sebagai bentuk antisipasi ketika burung lovebird tidak mau kawin. Lakukan dan analisa step by step di bawah ini.

  1. Langkah awal, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu baik burung jantan maupun betina secara detail. Kemudian, lakukan pengecekan burung tersebut apakah dalam keadaan yang sakit atau tidak.
  2. Setelah itu, lakukan pemisahan burung lovebird dengan yang lainnya dan menggabungkannya dengan burung lovebird jantan dan betina selama beberapa hari.
  3. Jika tidak ada ketertarikan antara burung jantan dan betina, lakukan pemisahan. Hal itu bertujuan agar tidak terjadi pertarungan antara pasangan tersebut.
  4. Jika pasangan burung telah menunjukan saling ketertarikan, diamkan beberapa hari hingga melakukan perkawinan.
  5. Setelah itu, lakukan pengamatan dan pemisahan setelah usai perkawinan berlangsung.

Tambahan:

Ada beberapa hal yang bisa Kalian gunakan untuk meningkatkan nafsu kawin pada lovebird, baik itu untuk burung jantan maupun betina. Kalian bisa berikan pakan yang memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi serta vitamin dan mineral penting. Misalnya sayuran kangkung, touge dan biji kuaci.

Gimana? Menarik bukan? Dari penjelasan singkat di atas ada banyak sekali faedah penting yang bisa Kita ambil, berkaitan dengan dunia burung loverbid. Khususnya dalam mengatasi lovebird yang enggan kawin. Mungkin demikian saja ilmu peternakan pada kesempatan Kali ini. Semoga pembahasan tentang Kenapa Burung Lovebird Tidak Mau Kawin dan Cara Mengatasinya di atas dapat menjadi solusi buat Kalian. Dan seperti biasa, bila Kalian rasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke sosial media Kalian yah. Dukung Kami agar lebih berkembang dengan membagikan postingan ini ke sosial media dan teman yang sehobi.

Lainnya: Cara Mengobati Penyakit Mata (Snot) Pada Lovebird